Strategi Cara Cicil Rumah Baru Aman, Nyaman dan Murah

Rumah dijual di Tangerang Selatan, Whatsapp 0813-1955-0436

Strategi Cara Cicil Rumah Baru Aman, Nyaman dan Murah

Membeli lokasi tinggal secara kredit atau cicilan memang menjadi penyelesaian terbaik untuk dapat mempunyai properti rumah. Kredit atau mencicil rumah ialah hal yang sangat menolong ketika kamu belum memiliki tabungan yang lumayan untuk melakukan pembelian rumah secara tunai.

Di samping sebagai sebuah keperluan primer, melakukan pembelian dan mempunyai sebuah unit lokasi tinggal adalahinvestasi yang menguntungkan. Keinginan untuk mengerjakan investasi di sektor properti usahakan telah mulai dipikirkan dan direncanakan di umur muda, antara 26-30 tahun.

 

1. Menentukan Tipe Rumah yang Ingin Dimiliki

Saat hendak beli atau kredit rumah, urusan kesatu yang mesti dipikirkan dan dipertimbangkan ialah menilai tipe lokasi tinggal yang hendak dimiliki, apakah lokasi tinggal tipe simpel atau tipe lokasi tinggal ideal.

Jika kamu bermimpi mempunyai sebuah lokasi tinggal ideal, pasti gaji atau pendapatan sebesar Rp 4 juta masing-masing bulan adalah hal yang lumayan sulit guna mewujudkannya, lagipula jika mengamati harga properti yang ketika ini ingin merangkak naik.

 

Dalam melakukan pembelian rumah, kamu juga perlu mengamati tujuan utama kamu membeli rumah.

Apakah untuk destinasi dihuni jangka panjang, melulu ingin dibeli karena supaya lebih dekat dengan lokasi kerja, atau sebagai sarana investasi untuk mendapat keuntungan dari hasil penjualan.

Dengan membalas pertanyaan dasar tersebut, kamu akan memiliki cerminan jelas tentang pemilihan tempat yang sangat cocok, dan ini pastinya juga dominan terhadap perkiraan keuangan anda.

2. Menghitung Jumlah Uang DP

Setelah anda selesai memutuskan tipe dan lokasi rumah yang ingin dimiliki, maka langkah berikutnya adalah penentuan uang DP (down payment) atau duit panjer.

Secara umum, uang muka atau uang DP rumah yang harus dibayar biasanya sebesar 20% dari harga pokok. Namun ada juga promo-promo tertentu yang lebih rendah dari angka tersebut.

Jika saat ini anda memperoleh penghasilan bulanan sebesar 5 juta rupiah, dan menyisihkan 20 persen dari gaji tersebut untuk dikumpulkan sebagai modal bayar duit DP rumah, maka kemungkinan rentang waktu yang diperlukan menjadi agak lama.

Ketika anda baru berhasil mengumpulkan uang DP dalam kurun waktu 5 tahun ke depan, maka dipastikan anda akan menemukan bahwa harga properti telah naik tajam. Jadi anda harus benar-benar memiliki perencanaan dan gambaran kredit terperinci untuk mempertimbangkan kondisi tersebut.

Jika memungkinkan, upayakan agar anda bisa membayar uang DP di atas batas minimum, sehingga bisa menyelesaikan cicilan rumah lebih cepat. Caranya adalah dengan hidup hemat, mulai dari menghemat pengeluaran konsumtif hingga menunda membeli barang yang tidak mendesak.

Cara lainnya tentu dengan menambah penghasilan bulanan anda, misalnya melalui kerja atau bisnis sampingan.

3. Mempertimbangkan Aneka KPR

Poin ke tiga yang juga sebaiknya dipelajari adalah mengenal berbagai aneka KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang ditawarkan oleh perbankan dengan beragam keunggulan dan kekurangannya.

Lalu, program KPR manakah yang paling bagus? Untuk menentukan hal ini, tergantung value atau nilai manfaat bagi individu itu sendiri.

Misalnya KPR konvensional umumnya memberikan kemudahan pembayaran awal yang lebih murah dibandingkan KPR syariah. Namun KPR Bank Syariah memberikan cicilan yang bersifat menetap sehingga lebih ringan.

Bagi pasangan pengantin yang baru melangsungkan pernikahan dengan kondisi keuangan yang belum stabil disarankan untuk memilih KPR Bank konvensional untuk menyesuaikan harga cicilan yang berubah sewaktu-waktu.

 

4. Memilih Developer Properti yang Terpercaya

Hal selanjutnya yang perlu dipelajari dan dipertimbangkan adalah cara memilih pihak pengembang perumahan yang memiliki rekam jejak dan pengalaman yang terpercaya.

Sebagai orang yang masih awam dalam hal ini, mungkin Anda perlu meminta saran, nasihat dan rekomendasi dari orang lain yang memang telah berpengalaman pada bidang itu atau pun bertanya langsung kepada konsumen yang pernah merasakan kualitas dari pihak developer perumahan.

5. Solusi dan Adaptasi Keuangan

Poin ke lima yang perlu dipelajari dan dicarikan soluusi saat anda telah memutuskan untuk membeli atau mencicil sebuah rumah adalah bagaimana caranya mulai menyesuaikan diri terhadap kondisi keuangan anda yang akan terkikis oleh potongan biaya kredit rumah tersebut.

Anda bersama anggota keluarga perlu mendiskusikan dan memiliki kesepakatan bersama terkait dengan kondisi keuangan nantinya. Misalnya sepakat untuk mengurangi pengeluaran untuk membeli produk-produk kesenangan (hobi) yang bersifat konsumtif, seperti pernak-pernik perhiasan, traveling, atau barang mewah lainnya.

Semoga bermanfaat dan terima kasih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *